News
Loading...

‘Aturan’ Masyarakat yang Harus Dipahami Sebelum ke Jepang


Negara Jepang menjadi salah satu negara yang menjadi destinasi wisata banyak orang. Tata kota, kuil-kuil keagamaan, fesyen, teknologi dan pemandangan alam yang indah menjadi salah satu daya tariknya.
Hanya saja harus dipahami bahwa negara ini adalah negara yang sangat patuh pada aturan dan tertib. Kebiasaan ini tentunya sangat berbeda dengan kebiasaan orang Indonesia. Sebelum bepergian ke Jepang, dikutip dari berbagai sumber, ada baiknya untuk mempelajari beberapa aturan-aturan dan kebiasaan di Negara Matahari Terbit ini.
1. Saat sedang berada di eskalator, Anda harus selalu berdiri di sisi sebelah kiri. Jangan memenuhi seluruh bagian eskalator. Sisi sebelah kanan diperuntukkan bagi orang yang sedang terburu-buru dan ingin mendahului Anda.
2. Jangan menggunakan ponsel di dalam bus umum atau kereta api. Selain itu, Anda juga harus mengaktifkan ponsel dalam mode diam.
3. Jepang adalah negara yang tertib. Dalam kondisi apapun, mereka akan mengantre. Jangan sesekali menyerobot antrean, sekalipun itu anak-anak atau orang lanjut usia.
4. Ketika menggunakan lift, orang pertama yang masuk ke dalam lift akan menahan tombol untuk membuka pintu bagi orang lain. Tak hanya itu, mereka juga akan menjadi orang terakhir yang keluar dari lift.
5. Saat sedang berbelanja, kasir di Jepang tidak akan menerima uang langsung dari tangan Anda. Ketika ingin membayar, tempatkan uang Anda di atas nampan kayu kecil yang sudah disediakan. Sang kasir pun akan melakukan hal yang sama ketika memberikan kembalian untuk Anda.
6. Jangan berbicara dengan suara yang keras di depan umum. Warga Jepang sangat menghormati kebebasan pribadi masing-masing warganya.
7. Jangan buang sampah sembarangan. Di Jepang disediakan berbagai jenis tong sampah. Anda harus ikut memilah sampah yang ingin dibuang. Biasanya, Anda tidak akan menemukan tempat sampah di sisi jalan, kecuali di depan toko atau stasiun kereta. Jika tak ada tempat sampah, sebaiknya kantongi dulu sampah Anda dan buang begitu melihat tempat sampah.
8. Para pengendara harus berhenti sebelum tempat penyeberangan jalan dan menunggu semua orang untuk menyeberang jalan tanpa membunyikan klakson. Di Jepang, Anda akan sangat jarang mendengar pengemudi membunyikan klaksonnya.
9. Jangan menggunakan sumpit yang sudah dipakai untuk memilihkan makanan bagi orang lain.
10. Hargailah waktu. Orang Jepang selalu taat dan tepat waktu. Jika memiliki waktu janjian pukul 10.00, maka datanglah sebelum atau tepat di jam tersebut.
11. Jangan pernah merokok sembarangan. Bukannya tak boleh merokok, namun negara ini memiliki aturan khusus dan tempat khusus bagi para perokok. Jika ingin merokok, sebaiknya merokoklah di tempat yang sudah disediakan dan diperbolehkan. Jika melanggar, Anda pun harus membayar denda.
12. Jangan jalan terlalu lambat dan memenuhi seluruh badan jalan. Anda pasti tahu, di Jepang, semua orang berjalan sangat cepat. Hal ini tentunya berbeda dengan kondisi di Indonesia di mana banyak orang berjalan beriringan, memenuhi badan jalan dan berjalan lambat.
(chs/mer)
Share on Google Plus

About Gemar Jepang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar