News
Loading...

Tiga Karakteristik Sushi Berkualitas


Membuat sushi tampak sederhana, hanya segumpal nasi dengan sepotong ikan mentah di atasnya. Namun, membuat sushi yang sempurna membutuhkan waktu puluhan tahun. Apa yang membuat sushi begitu sulit?

Francis Lam mengatakan, “Sushi tentu saja terlihat sederhana karena hanya berupa nasi dan sepotong ikan mentah. Tetapi detil dalam memotong ikan memerlukan keahlian khusus. Suhu telapak tangan juga akan memengaruhi aroma ikan. Jadi, sebelumnya Anda harus memastikan suhu telapak tangan tetap stabil.”

Seperti dilansir Thedailymeal, berikut karakteristik dari sushi yang sempurna.

Beras

Beras harus dimasak dengan suhu yang tepat dan harus lengket. Hal ini dilakukan dengan menerapkan tekanan yang tepat pada nasi, sehingga lapisan luar sushi lebih padat daripada di dalam.

Topping

Topping disebut juga “neta“. Harus memiliki ukuran dengan proporsi yang tepat untuk nasi, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jika ingin menambahkan wasabi, harus ditempatkan di antara neta dan nasi.

Ikan

Pemilihan ikan yang dipakai adalah ikan yang segar. Bau amis pada ikan dapat dinetralisir dengan siraman cuka di atas ikan sebelum disajikan. Jika ikan terlalu lembap, dapat ditambah garam untuk mengurangi tingkat kelembapan atau disebut “shio-jime“. Hasil akhirnya harus terang, tegas, mengilap, dan tidak berminyak atau basah.


Share on Google Plus

About Gemar Jepang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar