News
Loading...

Perayaan Tahun Baru di Jepang


Perayaan Tahun Baru di Jepang


Hello!! Jumpa lagi nih dengan Neko, nah berhubung tahun baru sudah di depan mata jadi kali ini Neko akan sedikit berbagi pengetahuan kepada Mina san tentang kegiatan atau hal apa saja dalam Perayaan Tahun Baru di Jepang. Berikut ini penjelasannya:

1.Bersih bersih osouji 大掃除

Acara bersih-bersih berbeda sedikit bersih-bersih setiap harinya, karena melibatkan hampir semua anggota keluarga. Semua sudut rumah dan pojok rumah yang biasanya tak tersentuh sapu atau lap pada hari itu mulai mendapat bagian. Jadi bukan setahun sekali bersih-bersihnya Semua almari di bongkar disusun ulang. Tidak hanya almari, mesin cuci, kulkas, dan barang berat lainnya pun digeser dan dibersihkan terutama bagian belakang dan bawah. Untuk anggota keluarga yang sudah berumur lanjut anak atau keluarga lain ikut membantu, tak jarang ada juga yang menawarkan jasa pembersih rumah.












2. Memasang Hiasan, dekorasi dan lainnya
Berikut ini hiasan yang cukup umum yaitu Shimenawa しめ縄merupakan hiasan yang digantung di depan rumah berupa jerami yang dibentuk sedemikian rupa membentuk bulatan dipadu dengan daun cemara dan dipasang di depan rumah dan juga dapat dipasang di mobil.
Gambar hiasan












Kagami Mochi 鏡餅merupakan tumpukan mochi dan jeruk, mau praktis apa tidak biasanya buah jeruk ini diganti buah plastik yang menyerupai jeruk.
Gambar Kagami Mochi








3. Mengirim Nengajo 年賀状
Setiap mau akan tahun baru orang Jepang saling berkirim nengajo, ini contoh salah satu dari nengajo dari di Jepang kalau mempunyai teman banyak biasanya awal bulan sebelum tahun baru sudah mulai menulisnya.
Contoh gambar nengajo











4. Doa Pergantian Tahun Baru
Berdoa? Bukan pesta? Inilah salah satu dari keunikan disini. Jadi jangan harap menemukan pesta kembang api ada kalau musim panas, kemacetan jalan, suara klakson atau terompet. Suasana jalan sepi yang ramai ada di area sekitar kuil bahkan masuk kuil harus antri. Nanti menjelang paginya akan bertambah ramai akan orang banyak yang ingin datang pergi ke kuil sepagi mungkin dan khusus tahun baru aktifitas ini disebut hatsumode 初詣atau hari pertama kunjungan ke kuil.

5. Minum sake
Setelah berdoa biasanya banyak orang mendatangi penjualan omamoriお守り , omikuji 御御籤, berisi ramalan nasib yang akan di ikat pada ranting atau tempat yang disediakan kalau ramalan jelek dan kalau bagus di bawa pulang. Dan di beberapa kuil disajikan minuman sake yang disajikan minuman sake yang disajikan dalam piring.
Setelah perayaan umumnya keluarga atau tetangga saling berkunjung dan mengucapkan selamat tahun baru. Biasanya membawa serta lengkap anggota keluarga termasuk anak-anak. Di pihak tuan rumah, setiap anak akan mendapatkan uang yang dimasukkan didalam amplop atau otoshidama お年玉dan tas keberuntungan atau fukubukuro 福袋.

Contoh otoshidama










Tahun baru juga dirayakan dengan berbagai permainan, seperti: permainan fukuwarai福笑い (meletakkan gambar bagian-bagian wajah, seperti hidung, alis mata, dan mulut pada tempat yang tepat dengan mata tertutup).

6. Hanetsuki 羽子突き(bulu tangkis tradisional), menaikkan layang-layang (tokaoge) 凧揚げ, gasing (koma), bermain dadu (sugoroku)双六, dan permainan memungut kartu yang disebut karuta かるた.
Sekian itu dulu dari Neko yeah Minna, tak lupa saya Neko (Adinda) dan seluruh pihak dari Gemar Jepang mengucapkan selamat Tahun Baru 2015, Shinnen omedetou GozaimasuMina san!! ^_^








By: Adinda
Source: BelajarBudayaJepang.blogspot.com







Share on Google Plus

About Gemar Jepang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar