News
Loading...

Mata Uang Yen Melemah Tajam Terhadap Berbagai Mata Uang Dunia


Nilai yen melemah tajam terhadap mata uang-mata uang utama setelah Perdana Menteri Shinzo Abe kembali menjabat akhir tahun 2012. Kebijakan pelonggaran moneter agresif Bank Sentral Jepang (BOJ) yang dimulai April 2013 menjatuhkan nilai yen lebih jauh lagi.
Yen mengalami pelemahan sebesar 40 persen terhadap dolar dan 31 persen terhadap euro sejak Abe mulai menjabat perdana menteri untuk kedua kalinya. Yen mengalami depresiasi sebesar 36 persen terhadap poundsterling dan 35 persen terhadap won Korea Selatan.
BOJ berulang kali menyatakan pelonggaran moneter besar-besarannya ditujukan untuk membebaskan Jepang dari deflasi dan pihaknya tidak berniat melemahkan yen.
Para pejabat dari negara-negara lain tidak mengritik kebijakan Jepang pada pertemuan-pertemuan internasional. Namun pelemahan yen memberikan dampak terhadap industri ekspor Korea Selatan dan negara-negara lainnya.
Perhatian kini tertuju pada bagaimana negara-negara ini akan bereaksi terhadap penurunan nilai yen. Di bursa valuta asing Tokyo, yen anjlok ke tingkat terendah terhadap dolar dalam 7 tahun 4 bulan kemarin (05/12/2014). Nilai dolar menguat di tengah harapan bahwa ekonomi Amerika Serikat akan tetap kuat.
Yen diperdagangkan pada 120,17 hingga 120,18 yen terhadap dolar pada pukul 5 sore kemarin, turun 0,29 dari hari Kamis (04/12/2014). Mata uang Jepang ini juga jatuh terhadap euro sebesar 1,27 yen dari hari Kamis, menjadi 148,77 hingga 148,81 yen terhadap euro.
Sumber-sumber pasar mengatakan aksi beli dolar meningkat di sesi siang hari karena harapan bahwa ekonomi Amerika Serikat tetap kuat.
Source : todaynippon
Share on Google Plus

About Gemar Jepang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar