News
Loading...

Todai, Robot Untuk Menjawab Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Jepang



Proyek Jepang ini bertujuan membuat sebuah sistem komputer cerdas yang mampu melewati ujian masuk Universitas Tokyo dengan nilai diatas rata-rata pada sebuah tes yang baru saja di coba pada bidang matematika. Sebuah sistem kecerdasan buatan yang dikenal dengan Robot Rodai, sedang dikembangkan oleh pemerintah Jepang dan beberapa perusahaan teknologi – telah berhasil menjawab 4 dari 10 pertanyaan matematika yang merupakan sampel soal ujian masuk perguruan tinggi, menurut siaran pers dari anggota proyek Fujitsu Senin.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk dapat lulus  ujian masuk tahun Universitas Tokyo pada tahun 2021 (saat ini antara 80 persen dan 90 persen untuk ujian tahap pertama , dan kemudian 30 persen menjadi 40 persen untuk kedua , tahap yang lebih sulit – ) dengan menggunakan algoritma yang diprogram cukup efisien untuk dijalankan pada komputer laptop sederhana . Perusahaan teknologi Jepang Fujitsu memimpin proyek bagian ujian matematika, dan versi ini diuji pada ujian praktek yang dikelola oleh akademi persiapan perguruan tinggi  populer di Jepang yaitu Yoyogi Seminar. Menurut siaran pers , ” Otak buatan Robot Todai  otomatis menyelesaikan dua dari empat pertanyaan matematika untuk humaniora  saja, dan dua dari enam pertanyaan matematika untuk bidang sains. Di antara semua pengambil ujian humaniora dan sains, hasil nilai deviasi sekitar 60″



Project Robot Todai ini diharapkan dapat selesai pada tahun 2021, berbicara banyak mengenai tantangan dalam pembuatannya benar-benar menarik ini. Membangun sistem cerdas tidaklah mudah. IBM saja membutuhkan waktu beberapa tahun untuk membuat komputer terkenal yaitu Komputer Watson untuk Jeopardy!. Lebih kepada fakta, mencoba mengembangkan sistem yang berjalan pada prosesor tunggal berarti banyak optimasi hanya untuk memperhitungkan kemampuan terbatas. Para peneliti dan pencipta Robot Todai mengakui hal tersebut akan menjadi tujuan yang sulit bertemu, tapi setidaknya pencapaian hasil matematika telah cukup terpenuhi, memberikan dorongan agar bagian-bagian lain dari sistem juga dikerjakan.





Source : Suka Jepang


Share on Google Plus

About Gemar Jepang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar